Minggu, 23 Juni 2013

Kata-kata Maaf Dalam Jepang

Halo Semua...


Kali ini Ane Mau update tentang Kata-kata maaf Dalam Bahasa Jepang, soalnya hari ini ane diomelin gara-gara bikin kesel Ortu -_-". Orang Jepang jauh lebih sering meminta maaf dibandingkan orang-orang dari negara lain. Hal ini bisa jadi dikarenakan budaya mereka yangterkenla disiplindan menjunjung tinggi sopan santun dan kejujuran serta menghormati orang yang lebih Tua. Jadi buat bagi info, berikut kata-kata yang diucapkan orang Jepang jika Meminta Maaf:::



1. Moushiwake arimasen
    Kata ini digunakan dalam situasi yang sangat formal. Digunakan jika kitaberbicara dengan atasan. Jika Kita meminta maaf setelah melakukan suatu kesalahan, Moushiwake Arimasen Deshita bisa digunakan. "Sumimasen", "Moushiwake Arimasen" juga bisa digunakan untuk mengekspresikan rasa terima kasih. Oh iya, kalian harus hati-hati kalau ingin menggunakan kata ini, sebab kata ini hanya digunakan jika kita memang benar-benar berjanji tidak akan melakukanya lagi. Oleh karena itu, pikir-pikir dulu jika menggunakan kata ini ya...

2. Shitsurei Shimashita
    Kata ini juga merupakan kata formal yang dugunakan kepada atasan, namun sifatnya tidak se-formal "Moushiwake".

3. Sumimasen
    Ini mungkin kata yang paling umum digunakan untuk meminta maaf kepada seseorang. Namun beberapa orang melafalkanya dengan kata "Suimasen". Kata "Sumimasen" dapat digunakan dalam situasi yang berbeda-beda (seperti saat meminta sesuatu, ketika mengucapkan terima kasih kepada seseorang, dll) tergantung kata ini dipakai dalam kalimat apa. Kata "Sumimasen" saja digunakan untuk mengawali pembicaraan, jadi digunakan sebelum melalukan kesalahan. Kalau meminta maaf atas perbatan yang telah dilakukan, kalian bisa menggunakan "Sumimasen Deshita".

4. Shitsurei
    Tidak istimewa sih, soalnya mirip dengan "Shitsurei Shimashita" tanpa "Shimashita" namun bisa merubah makna. Soalnya, kalau Shitsurei saja maka kata maafnya menjadi non-formal dan kata ini biasa diucapkan oleh pria. Kata ini juga bisa sebagai ucapan "permisi"

5. Doumo
    Merupakan kata non-formal dan akan berarti maaf jika diucapkan "Doumo sumimasen". Kata ini juga bisa berarti "terima Kasih" jika kata Doumo degabung dengan arigatou menjadi "Doumo arigatou"

6. Gomenasai
    Nah, kata ini mungkin merupakan kata yan paling sering diucapkan oleh orang jepang dan juga serin didengar oleh kita kaum awam. Berbeda dengan "Sumimasen", kata "Gomennasai" hanya khusus dipaki untuk meminta maaf saja tanpa ada makna lainya. Karena kurang formal dan sedikit kekanakan, kata ini tidak sepantasnya diucapkan kepada atasan atau orang yang jauh lebih tua dari pada kita (kecuali ada hubungan keluarga).

7. Gomen
    Kata yan sangat tidak formal, merupakan kependekan dari "Gomennasai". Kata ini biasa ditambahkan partikel akhiran "Gomen ne" diucapkan perempuan dan "Gomen na" diucapkan  laki-laki. kata ini hanya digunakan dengan teman dekat atau anggota keluarga.

8. Warui
    Menurut Ane pribadi, kata ini adalah kata yang paling non-formal dibandingkan dengan kata lainya. Biasa diucapkan oleh laki-laki.

Orang Jepang meminta maaf dengan menundukan kepala...
Semoga membantu....

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger